Dosen Prodi Kesmas Berikan Masukkan dalam Koordinasi yang dipimpin Oleh Bapak Wakil Bupati Sukoharjo

Sukoharjo, 25 November 2021

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Koordinasi Pemangku Kepentingan yang konsen terhadap permasalahan HIV dan AIDS di Kabupaten Sukoharjo. Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Bupati Sukoharjo Bapak Drs. H. Agus Santoso yang juga selaku Ketua Pelaksana KPA Kabupaten Sukoharjo. Koordinasi ini diawali dengan pemaparan gambaran terkini kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Sukoharjo oleh Bapak Bejo Rahardjo, SKM., M.Kes selaku Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh Bapak Bejo Rahardjo SKM, M.Kes bahwasannya penemuan kasus HIV dan AIDS pada tahun 2021 cenderung turun, hal ini kemungkinan disebabkan karena pemberlakuan PPKM Level di Kabupaten Sukoharjo yang mempengaruhi proses penjaringan dan penemuan kasus HIV.

Koordinasi yang dipimpin Bapak Wakil Bupati Sukoharjo Bapak Drs. H. Agus Santoso yang juga selaku Ketua Pelaksana KPA Kabupaten Sukoharjo bertujuan mendengarkan masukkan dan saran dari para pemangku kepentingan yang konsen terhadap permasalahan HIV dan AIDS di Kabupaten Sukoharjo. Bapak Farid Setyo Nugroho yang juga Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo berkesempatan untuk menyampaikan pandangan dan masukkan terkait permasalahan HIV dan AIDS di Kabupate Sukoharjo. Bapak Farid Setyo Nugroho menyampaikan bahwa saat ini arus informasi sudah sangat luar biasa, masyarakat mampu mengakses informasi seluas-luasnya. Arus informasi ini dapat berdampak positif dan negatif. Terdapat kemungkinan pengaruh arus informasi terhadap peningkatan kasus HIV dan AIDS. Maka dari itu Bapak Farid Setyo Nugroho menyampaikan bahwasannya untuk mengimbangi arus informasi yang negatif makan harus diimbangi dengan arus informasi yang positif, maka dari itu di era digitalisasi kesehatan ini edukasi, promosi dan prevensi juga seharusnya dilakukan secara digital. Perlu dikembangkan sebuah aplikasi atau telemedicine yang kedepannya bertujuan untuk mengatasi segala permasalahan terkait HIV dan AIDS, baik pada ranah edukasi, promosi, prevensi, maupun kuratif serta rehabilitatif.

Berdasarkan masukkan tersebut Bapak Wakil Bupati Sukoharjo Bapak Drs. H. Agus Santoso yang juga selaku Ketua Pelaksana KPA Kabupaten Sukoharjo menyampaikan bahwa masukkan tersebut merupakan masukkan yang bagus, sehingga beliau segera memberi arahan kepada DInas Kominfo Kabupaten Sukoharjo untuk membuat konten-konten sebagau upaya edukasi dan promosi terkait HIV dan AIDS. Selain itu koordinasi tersebut juga membahas persiapan dalam rangka peringatan hari AIDS yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *